Jika pada suatu order dengan status PROS terdapat :
- Jasa EXT,
- Jasa INT, maupun
- Material (stock)
Maka sebelum di hapus, ada beberapa hal yang harus di check terlebih dahulu. Apakah sudah menjadi Actual costs atau masih menjadi Plan Costs.
1.Jika masih dalam keadaan Plan Costs
PERTAMA,
Check pada tab Cost. Pastikan masih PLAN

KEDUA,
Check pada tab Operations. Pastikan hanya ada 1 operation dengan control key INT, dan juga field work dan number harus kosong

Jika masih ada operations yang lain, baik internal maupun external, maka harus di hapus dengan cara berikut :

KETIGA,
Check pada tab Components. Pastikan semua material sudah di hapus

Jika masih ada material, maka harus di hapus dengan cara berikut :

KEEMPAT
Kembali check pada tab Cost. Pastikan PLAN COSTS sudah menjadi 0 (nol), dengan cara klik Determine Cost lalu jika sudah nol (0) lalu klik SAVE

KELIMA,
Lakukan Confirmation dengan tcode IW41.

Kemudian isi Actual Work dengan nol (0), tik centang Final Confirmation, Lalu klik Notification

Isi Catalog pada tab malfunction data, di kedua field damage dan cause. Klik BACK lalu SAVE

KEENAM,
Buka kembali Order di IW32. Lalu klik Order → Functions → Complete → Complete (business)

Kemudian klik OK 

Maka status order akan berubah menjadi CLSD (Closed)

SELESAI
Selanjutnya, kembali buka di IW32 lalu klik Order → Functions → Deletion Flag → Set

Maka Order akan berhasil di Complete Business tanpa ada biaya / cost (nol). Status order akan berubah menjadi CLSD (Closed), CNF (Confirm), DLFL (Deletion Flag), NMAT (No Material)

2. Jika sudah memiliki Actual Costs
PERTAMA,
Check pada tab Cost. Pastikan Actual Cost nya sudah muncul pada tab Cost

KEDUA,
Check pada tab Operations. Pastikan hanya ada 1 operation dengan control key INT, dan juga field work dan number harus kosong

Jika masih ada Operation external dan sudah muncul nomor PR Jasa / sudah menjadi PO / sudah di terima jasanya maka harus di cancel terlebih dahulu dari transaksi terakhir yaitu berawal dari
- cancel Service dan di revoke (tcode ML81N),
- kemudian unreleased PO lalu di delete item PO nya (tcode ME22N),
- Lalu pada WO, Berikut cara menghapus Jasa EXT nya :

KETIGA,
Check pada tab Components. Pastikan semua material sudah di hapus

Jika masih ada material dan sudah terlanjur di Goods Issue (pengeluaran barang) dengan tcode MIGO, maka harus di kembalikan barangnya ke gudang dan secara system harus di kembalikan juga oleh gudang dengan tcode MIGO. Lalu pada WO, Berikut cara menghapus material nya :

KEEMPAT
Kembali check pada tab Cost. Pastikan ACTUAL COSTS & PLAN COSTS sudah menjadi 0 (nol), dengan cara klik Determine Cost lalu jika sudah nol (0) lalu klik SAVE

KELIMA,
Lakukan Confirmation dengan tcode IW41.

Kemudian isi Actual Work dengan nol (0), tik centang Final Confirmation, Lalu klik Notification

Isi Catalog pada tab malfunction data, di kedua field damage dan cause. Klik BACK lalu SAVE

KEENAM,
Buka kembali Order di IW32. Lalu klik Order → Functions → Complete → Complete (business)

Kemudian klik OK 

Maka status order akan berubah menjadi CLSD (Closed)

SELESAI
Selanjutnya, kembali buka di IW32 lalu klik Order → Functions → Deletion Flag → Set

Maka Order akan berhasil di Complete Business tanpa ada biaya / cost (nol). Status order akan berubah menjadi CLSD (Closed), CNF (Confirm), DLFL (Deletion Flag), NMAT (No Material)

Maka jika disimpulkan, alur untuk menghapus sebuah order adalah sebagai berikut

trims sharing ilmu nya
Sama-sama Kak Zaky, semoga bermanfaat
Brarti ini sebenarnya kalau hapus secara langsung tidak difasilitasi SAP, tetap 1 arah sampai close dan ditambah status DLFL