Sudah Menjalankan IP30 Tetapi Tidak Muncul Schedule nya di IP10/IP24. Standard SAP Bugs?

Apakah anda pernah mengalami kondisi anomali IP30 dimana ketika menjalankan call maintenance plan melalui IP30, Preventive maintenance order berhasil tercreate (bisa dilihat melalui IW38/IW39) namun tidak tercatat pada IP24 maupun IP10? Sedangkan ketika dicoba untuk dilakukan call maintenance plan melalui IP10, schedule dan preventive maintenance order tercreate dan dapat dilihat melalui IP24 maupun IW38/IW39.

Jika hal ini terjadi, apakah anomali ini adalah bugs yang terjadi pada SAP? Bagaimana cara untuk memastikan apakah ini adalah kesalahan setting atau terjadi bugs pada SAP?

Sebagai contoh, saya mencoba melakukan running IP30. Secara normal, system tidak memunculkan warning / error pada log message nya. Namun jika kita lihat lebih detail, message yang muncul tidak memberikan informasi bahwa “order is saved and maintenance plan is schedule” (dimana secara normal seharusnya maintenance order ini akan tercreate dan muncul informasinya karena dalam testing yang saya lakukan, saya menggunakan monthly cycle dan start of cycle on 06.03.2022, sehingga seharusnya due/called di tanggal 06.04.2022, di hari saya melakukan call IP30).

Jika kita lihat pada IW38 untuk maintenance plan tersebut, sudah tergenerate oleh system dimana indicator Entered by nya jg sudah menggunakan IP10********. Sehingga seakan akan IP30 ini sudah berhasil dilakukan.

Jika kita cek lebih detail pada Maintenance Order yang tergenerate, pada tab Planning, Maintenance order ini telah memiliki call Number 1.

Namun setelah dilakukan pengecekan pada maintenance plan tsb, ternyata tidak muncul Scheduling overview pada IP24. Padahal proses call nya sudah di generate melalui IP30. List order yang seharusnya juga muncul di IP24, dibaca oleh system “no object we selected”

Kemudian jika kita cross check pada IP10, ternyata schedule nya juga tidak muncul dimana secara normal, seharusnya schedule akan muncul jika sudah di call via IP30. Sehingga yang terjadi, seakan akan IP10 ini belum di running via IP30 (ada anomali disini), karena button Start nya juga masih bisa di klik. Seharusnya jika sudah di call di IP30 maka button start ini sudah tidak bisa di klik.

Selain itu, anomali lain yang terjadi adalah ketika maintenance order tsb di TECO, muncul ABAP Runtime Error dengan :

  • Category : ABAP programming error
  • Runtime erros : RAISE_EXCEPTION
  • ABAP Program : SAPLCO10
  • Application Component : PM-WOC-MO
  • Short text : Exception condition “NOT_FOUND_MHIS” triggered

Sehingga karna ABAP Runtime Error tsb, Maintenance Ordernya juga tidak bisa di Close / TECO.

Di kondisi anomali seperti ini, maka kita mencoba mengajukan tiket kepada SAP Global dan memastikan 3 pertanyaan di ajukan :

  1. Would you please give us brief explanation, why this condition could happen for IP30?
  2. How to fix this error and the solution? Or is there any SAP Notes that can be implemented?
  3. After fix this error, how to prevent it from happening again in the future?

Dan dalam case ini, setelah di konsultasikan dengan SAP Global, hal ini terjadi karna terdapat custom program menggunakan FM CO_ZV_ORDER_POST yang melakukan calling COMMIT WORK. Hal ini seharusnya tidak terjadi selama maintenance order generation from maintenance plan. Atau idealnya, call COMMIT WORK ini tidak applicable untuk digunakan pada enhancement tsb. Sebagai informasi, hal ini terjadi di system HANA. Dengan adanya COMMIT WORK pada enhancement tsb, terdapat beberapa tcode yang terdampak, yaitu IP10, IP30, IW31, IW21, CJ20N, IW32, IW22, IW34 dengan awtyp 30 dan 20.

SAP Global juga memberikan informasi bahwa dari view sisi IP30, BAPI_TRANSATION_COMMIT dan COMMIT WORK ini behaves the same way, so we need to selectively call COMMIT WORK as per our requirement (i.e. do not call it when you call from IP30 and call it in other scenarios)

Dari COMMIT WORK inilah yang pada akhirnya di case preventive maintenance, berdampak :

  • Maintenance plan yang di call melalui IP30 tidak dapat tercatat pada list schedulling IP10, sehingga seakan-akan belum di lakukan schedulling
  • Maintenance order preventive yang sudah over due / ter call, tidak tercatat pada list schedulling di IP24
  • Maintenance order preventive yang sudah over due / ter call, hanya tercatat pada list order di IW38 / IW39

Sehingga dari kondisi tersebut, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan exclude tcode IP10 pada COMMIT WORK pada enhancement tsb (NE ‘IP10’).

Setelah dilakukan exclude, maintenance plan yang di call melalui IP30 dapat tercatat pada list schedulling IP10, sesuai dengan normal scenario of business process yang semestinya

Maintenance order preventive yang sudah overdue / ter-call, tercatat pada list schedulling di IP24, sesuai dengan normal scenario of business process 

Maintenance order preventive yang sudah overdue / ter-call, tercatat pada list order di IW38 /  IW39

Jika anda pernah mengalami case yang sama, silahkan untuk di coba atau mungkin bisa share pengalaman opsi solusi yang pernah dilakukan

Semoga bermanfaat 🙂

-Written by Lalitya Nindya Nareswari-

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑